Salah Langkah

Saifullah Yusuf dan Ibu-ibuApa kabar?

Dalam berbagai macam permainan, langkah awal sangatlah menentukan. Sekali salah langkah di awal, permainan selanjutnya bisa berantakan. Itu sebabnya, dalam permainan catur, misalnya, para ahli mengembangkan pakem-pakem langkah pembukaan yang bisa menentukan hasil akhir pertandingan: Pembukaan Gambit, Pertahanan Caro-Kann, Serangan Marshall, Pembukaan Inggris, dan lain sebagainya.

Di suatu daerah di Jawa Timur, hampir semua kyai yang ada disana berpoligami. Maka jadi luar biasa ketika seorang kyai sepuh yang terhitung paling disegani, justru setia dengan satu isteri saja seumur hidup. Seseorang sampai-sampai mengkhususkan sowan untuk bertanya langsung kepada beliau tentang hal itu,

“Mbah, kyai-kyai disini semuanya matsna (berpoligami)… bahkan ada yang lebih sepuh dari panjenengan, baru-baru ini zuwaj (menikah) lagi dengan madu (isteri muda) yang baru. Kenapa panjenengan tidak? Apakah panjenengan tidak setuju dengan poligami?”

Mbah ‘Yai menghela napas dalam,

“Begini….”, beliau mendadak beranjak dari kursi dan menyempatkan diri mengintip ke ruang dalam, lalu melanjutkan dengan suara pelan nyaris berbisik, “Aku ini salah langkah sejak awal…. Aku berguru kepada pamanku sendiri, lalu aku menikahi puterinya… Jadi, isteriku ini puteri guru sekaligus pamanku… Jadi… yah… aku ya…. mana berani…?”

2 thoughts on “Salah Langkah”

  1. samsodin says:

    Ngakak :D

  2. azaz says:

    ha ha ha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *