Makan Siang Bersama Kiyai Bisri

Kyai Bisri Mustofa

Kyai Bisri Mustofa

Pasca Gestapu, Kiyai Bisri Mustofa menjadi anggota MPRS. Pagi-pagi sekali beliau menyambangi Habib Chaidar (Penulis buku biografi Kiyai Nawawi Banten) di Lasem.

“Ayo ikut aku, ‘Yik!” “Yik” singkatan dari “Sayyid”, sebuatan yang lazim bagi santri Jawa untuk dzurriyyah Kanjeng Nabi Muhammad Shallallaahu ‘Alaihi Wasallam.

“Kemana?”

“Pagi-pagi begini sarapan sate di Juwana enak, ‘Yik!”

Siapa mau nolak traktir?

“Ya aku ganti pakaian dulu”.

“Nggak usah! Sarapan saja kok ganti pakaian”.

Maka diangkutlah Habib Chaidar yang belum mandi dengan pakaian lusuh yang belum ganti sejak dipakai tidur semalam dengan mobil Datsun milik Kiyai Bisri.

Usai sarapan,

“Sekalian cari buah di Ngembal ya, ‘Yik! Sedang musim duku ini!”

‘Yik Chaidar mandah saja dibawa ke Ngembal, Kudus.

“Di Sayung ada warung kopi Arab! Suwwedeep!”

‘Yik Chaidar dilarat ke Sayung, Demak.

Usai ngopi hari menjelang siang.

“Sekalian cari makan siang, ‘Yik!”

Mobil berjalan terus ke Barat, ‘Yik Chaidar asyik melayani obrolan Kiyai Bisri. Baru belakangan ‘Yik Chaidar kaget ketika menyadari mereka sudah sampai Batang.

“Lho! Aku ini mau kamu bawa kemana?”

“Di Tegal ada warung gule Arab! Huwwenaakk!”

“Urusan makan saja kok dari Lasem sampai ke Tegal itu terus mau sampai mana lagi?”

Kiyai Bisri nyengir,

“Aku sih mau ke Jakarta. Ada sidang MPRS”.

“Lho!” ‘Yik Chaidar mendelik, “lha aku gimana?”

“Kalau mau, ayo ikut ke Jakarta”.

“Nggak bisa! Aku ini sudah nggak mandi, pakaian juga dari kemaren, nggak bawa ganti…”

“Ya gimana lagi?”

“Atarkan aku pulang!”

“Ya nggak bisa to! Masak sudah sampai sini aku disuruh mbalik? Sidangnya kan besok pagi!”

‘Yik Chaidar geleng-geleng kepala sambil tak henti-hentinya bersungut-sungut.

Sesudah makan siang di Tegal, ‘Yik Chaidar setuju diberi sangu buat ngebis pulang sendiri ke Lasem.

:-)

48 thoughts on “Makan Siang Bersama Kiyai Bisri”

  1. Njenengan Nggih Mas says:

    hehehe,,,
    nggolek rewang omong” teng dalan…

    Lahumul faatihah…

  2. Baim says:

    Ha ha ha ha

  3. Mabruri Sholihan via Facebook says:

    bib enak banget sarapan sambil jalan2 sampai jakarta

  4. Pak Puk via Facebook says:

    ki nek boso gaule..”Kena loh gua kadaliin…

  5. Rafiq Abdillah via Facebook says:

    hahaha… isooo aeee…

  6. Jasmin Hasan via Facebook says:

    Baru nyadar ya kalo di kibulin

  7. Dion Ahmad via Facebook says:

    Masya Alloh………….

  8. abdussalam says:

    hahahaha,..
    Puinter ngerjai ee gus

  9. Jemari Kecil via Facebook says:

    Xi…xi…xi… Apik iki… Negeri ini butuh figur-figur yang “damai mensikapi dunia” semacam ini…

  10. Jeck Danill Alwayss via Facebook says:

    hehehe,,,
    untung jek teko tegal…

  11. zulianto says:

    indahnya…”mbelink”

  12. Minet Musyawaroh via Facebook says:

    He..he…ada2 ajah…..

  13. Samsu Kampret Kaliwungu via Facebook says:

    mbah yai jebule mbeling.,, hahaha

  14. Aha Ae Wis via Facebook says:

    hehhe..

  15. Hari Subejo via Facebook says:

    paling mbelinge nurun ng putune hehe

  16. aminur says:

    yik chaidar ,,,penulis manaqib mbah ma`sum lasem

  17. Rodhlytu Bimasyiatillah via Facebook says:

    maqom basthu.. jd ceria n penuh tawa selalu..

  18. fitrah says:

    ijin share

  19. Muhammad Mustain via Facebook says:

    hahaha pokok e asal sirah mumet mbuka terong gosong dadi waras hahaha suwon gus tambah meleh critane enggak jos

  20. Ben Zabidy via Facebook says:

    tiru ah … Hahaha

  21. Herlin Hambali says:

    Hahahaaa…mbah kyai sami mawon

  22. Agus Emje says:

    ha ha ha…
    lha wong “Yik” aj bisa dikerjain…

  23. Musahadi Ngaliyan says:

    Strategi beginian perlu ditiru. Guyonan, akrab, mengasyikkan !!!

  24. Mohammad Luqman Firmansyah via Facebook says:

    bagaimana caranya itu mbah?? ajarin donk.

  25. Mohammad Luqman Firmansyah via Facebook says:

    pake plugin apa? boleh donk inbox saya.

  26. kamal joyo landoh says:

    nek aku mesti wis ngomong…JANCUK!!..

  27. Tasdik Cabawan via Facebook says:

    warung gule arabnya tepatnya dmn tuh mau nyobain…ada yg tau?

  28. yuyunqp says:

    Ijin ya Gus….

  29. yuyunqp says:

    maksudnya ijin share….

  30. p. rahmat says:

    Gus, posting cerito malih,nggih, suwun

  31. ishomuddin92 says:

    hahaha,, kebiasaan

  32. Jadi Lebih Baik says:

    :Yik: juga manusia …..

  33. kang topa says:

    hahahha… mohon ijin gus copas… ijin gus….

  34. santras says:

    lek aku paling ngomong, seng penteng rasane rasah mbayar.. :D

  35. rafting pacet says:

    Kebersamaan dan kesenangan kadang bisa jadi penyebab lupa akan makna. kadang juga kesenangan saat menikmati wisata rafting pacet tak terasa hari sudah mulai sore…. kalimat ajakan yang luar biasa dengan memahami kesenangan orang lain bisa menjadi magnet yang luar biasa.

  36. Moh Alfian Ramadany says:

    Sungguh Menghibur,sangat Mengesankan

  37. ahmad marzuqi says:

    hahaa

  38. khoirul says:

    ngekek di 2017..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *