Amplop Kiyai Bisri

Kyai Bisri dan Kyai Hamid

Kyai Bisri dan Kyai Hamid

Sebagian orang memandang hina kepada kiyai yang mengharapkan amplop dari ceramah pengajiannya. Tapi Kiyai Bisri Mustofa berprinsip bahwa ia berhak atas amplop itu.

“Aku punya tanggungan santri di rumah”, katanya, “kalau kutinggal pergi, aku rugi tidak mengajar mereka”.

Suatu ketika setelah sampai di rumah dari pengajian di tempat jauh, kedapatan amplop panitianya cuma berisi Rp 10.000,-. Kiyai Bisri pun menyuruh Murtadlo, khadamnya, mendatangi panitia dengan bekal surat tagihan rinci:

Sewa mobil: Rp 10.000,-
Bensin    : Rp 10.000,-
Upah sopir: Rp  2.500,-
Ongkos Murtadlo: Rp  2.000,-
Isi amplop: Rp 10.000,-
Kekurangan: Rp 14.500,-

Tapi namanya prinsip, biasanya tidak tanpa pengecualian. Usai pengajian di Pesantren Salafiyah Pasuruan atas undangan Mbah Hamid, Kiyai Bisri Mustofa tidak sampai hati menagih amplop. Padahal ia tak mau rugi. Ia amati baju yang dipakai Mbah Hamid dengan mimik tertarik sekali.

“Bajumu kok bagus sekali, ‘Nda!” katanya.

Mbah Hamid mesem lalu masuk ke kamar. Baju yang dipakai itu dilepas dan dibungkus untuk diberikan kepada Kiyai Bisri. Walaupun tanpa amplop, Kiyai Bisri puas membawa pulang baju itu.

Beberapa waktu kemudian, Kiyai Bisri memanggil Pak Kusnan, seorang santri kalong yang kaya, tinggal di Jepon, Blora. Pak Kusnan itu santri yang patuh sekali. Apa pun kata kiyai, ia turuti.

“Kamu mau beli baju ini, Kang?” Mbah Bisri menunjukkan baju pemberian Mbah Hamid.

“Nggih”.

“Wani piro?”

“Saya bawa 30 ribu”.

“Ya sudah sini. Nih… pakai sekarang!”

Pak Kusnan menyerahkan uang dan langsung memakai baju itu.

“Sekarang, ayo ikut aku!”

Mbah Bisri membawa Pak Kusnan ke Pasuruan menemui Mbah Hamid.

“Bajumu kok bagus sekali, Kang?” Mbah Hamid menyapa Pak Kusnan –Mbah Bisri berlagak tak punya urusan, “berapa harganya?”

“30 ribu”.

Mbah Hamid pun langsung menoleh kepada Kiyai Bisri,

“Susuk limang ewu, ‘Nda!” katanya.
(Kembali 5 ribu, ‘Nda!)

30 thoughts on “Amplop Kiyai Bisri”

  1. atmo says:

    hwahahahahaha….

  2. PUTRI says:

    kacau ,,,,… kacau… tapi berkilau. Subhanallah. Kelihatanya matere . tapi sebetulnya Hanya Karena Allah.

  3. dowieq says:

    kenapa sampai di jual ya? sayang sekali…

  4. M. Faizi says:

    Hahahaha… gak tahan sama susuknya. Qiqiqiqi.. betul. Memang saya juga pernah bahkan agak sering tekor gara-gara amplop itu. Ini menarik sekali.

  5. Achmad says:

    Wkwkwkwk….. Subhanalloh Beliau” memang figur yg menyejukkan hati….
    ijin share njih….

  6. zain says:

    subhanalloh emang………,klo ada lagi,tolong di bagi2 ceritanya.biar hati tetap sejuk.trim’s

  7. abdussalam says:

    hahahahaha subhanalloh
    izin kopas gus

  8. lintang says:

    karomah….gak tahu tagihannya kurang berapa…tp tahu kembaliannya

  9. abdul chanan says:

    SUBHANALLAH…SUBHANALLAH ….ya Allah bner2 pagi ini ngakak. goyun orang selalumengandung hikmah

  10. sukur says:

    lucu..lucu….ha.ha…kyai ada2 aja deh

  11. vairuzabadie says:

    wahaha guyonan para wali

  12. p. rahmat says:

    Gus, matur nuwun ceritanipun… dipun tunggu cerita-cerita yang lain… lahumul fatihah…

  13. wildan says:

    itulah bila wali ketemu dg wali subhanalloh

  14. anwar says:

    Hahaa..
    Subhanallah..ajiib!
    Candanya wali :)

  15. kaosborju says:

    percandaan yang cerdas; shg menemukan titik ekuilibrium ditengah pengapnya polusi moral NKRI. suwun gus…

  16. ibnumm79 says:

    Hehehehe…

  17. ajibanten says:

    wakakakaaaa

  18. P R I A N T O says:

    Haahaahaahaahaahaahaa….

  19. moch isnaini says:

    “Susuk limang ewu, ‘Nda!”. Wakakakak…

  20. Ahmad Mudatsir says:

    heh heh heh tapi kan nggih siparingi daharan to guus.

  21. muhammad sayyidiy says:

    Bapak Kyai Nyuwun Izin Nge_Share…

  22. heru nafi' says:

    ha..ha..ha….

  23. ali says:

    Al-Malu ya’ti min waro’i Ilmik………………….Cerdas wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkkwkk

  24. Soe Chandar says:

    Senang kalau baca cerita Romo kyai, palagi lihat wajahnya seneng buanget.
    Cakep, Tentrem, Nyaman, teduh, Cerdas dan Selalu guyonan…ckckckck

  25. robin misbah says:

    Kula santri ten Rembang namuk sedelok Gus tapi ilmu nahwu ugi ngaji igkang kula alap saking abahe jenengan bermanfaat sekali, kula nggeh mboten kesupen selalu membacakan tahlil srt Yasin kangge mbah K.H. Bisri lan abahe njenengan. al Fatihah

  26. ahmad marzuqi says:

    hehehe

  27. agus says:

    alfatihah

  28. Ahmad says:

    Ajiiib….
    Izin share

  29. amin hidayat says:

    Masya Allah

  30. Kang mus says:

    Hehehe, sendiko dawuh’nda’

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *