Bukan Tasawuf

Tasawuf mengajarkan tazkiyyatun nafs, penyucian diri. Maka menjaga diri dari syubuhaat (hal-hal yang kurang jelas halal-haramnya) menjadi salah satu nilai praksis yang sentral. Dalam hal ini, fiqih lebih “longgar”, karena, disamping adanya hadist “nahnu nahkumu bidh dhowaahir” (Kita menghukumi dengan [berdasarkan bukti-bukti] yang lahiriah [saja]), ada kaidah “al ashlu fil mu’aamalati (ghoiril ‘ibaadati) al ibaahatu hatta yatabayyanad daliilu ‘alaa hadhrihaa” (status asal dalam mu’amalah [selain ‘ibadah] adalah boleh sampai jelas [ada] dalil pelarangannya). Maka pandangan umum menganggap kiyai thoriqoh (tasawwuf) lebih berhati-hati dalam masalah syubhat dibanding kiyai fiqih.

“Tidak selalu begitu”, kata Kiyai Sahal Mahfudh kepada adik iparnya, Kiyai Nashir Abdul Fattah, “kiyai fiqih yang teliti dan ngotot mengamalkan ilmunya tak kalah hati-hati dibanding kiyai thoriqoh”.

Kemudian Kiyai Sahal menceritakan kisah berikut ini kepada adik iparnya itu, yang selanjutnya meriwayatkannya kepada adik iparnya, Mahrus Husain, hingga adik iparnya itu meriwayatkannya kepada saya, sepupunya –mumet?

Kiyai Sahal sedang mengiringkan dua orang pamannya, Kiyai Abdullah Salam dan Kiyai Muhammadun, berjalan kaki menuju suatu tempat, ketika seorang laki-laki dengan sepeda motor berhenti didekat mereka dan menawarkan boncengan kepada Mbah Madun, yang paling sepuh diantara ketiga kiyai itu. Mbah Madun menolak dan laki-laki itu pun berlalu.

“Hal”, Mbah Madun menggamit keponakannya, “tahu enggak, kenapa aku nolak diboncengkan orang tadi?”

“Karena sungkan sama saya dan Lik Dullah?” Kiyai Sahal asal menebak.

“Gedhen rumangsan kamu!” Mbah Madun mengugut, “sebenarnya tadi itu aku hampir mau… tapi aku lalu ingat, orang itu kan suaminya Si Fulanah. Lha yang kaya itu sebenarnya Fulanah itu… suaminya sih melarat. Sepeda motor itu miliknya Fulanah. Kalau aku mbonceng, berarti ghoshob!”

One thought on “Bukan Tasawuf”

  1. ellihsan dhoifi says:

    izin copi YAI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *