K.A.W.I.N (Kepada Para Perjaka, Perawan dan Segala Jomblo)

kawin

Pada mulanya aku agak kecewa kepada ayahku karena kuanggap telah mengawinkanku secara sembarangan. Semasa remaja dulu, aku mengkhayalkan suatu peristiwa pernikahan yang dramatis, memuncaki kisah cinta yang romantis lagi melankolis serta fantastis. Tapi aku tak mendapatkannya sak incrit-incrito! Ditengah aku kebingungan menentukan pilihan diantara gadis-gadis yang ditawarkan kepadaku, ayahku tiba-tiba saja secara otoriter memutuskan,

“Sudah! Kamu kawin dengan ini saja!”

Tanggal 24 Mei, tiga hari sesudah lengsernya Soeharto, aku digelandang untuk melamar calon isteriku. Tanggal 1 Juni, keluarga calon mertuaku berombongan datang ke Rembang, dengan maksud sekedar membalas kunjungan. Tapi saat itu juga ayahku minta supaya aku langsung diaqidkan. Calon mertuaku kok ya nggak membantah, malah taukil kepada pamanku. Dan dilakukanlah ijab-kabul seperti beli bakso. Tidak fantastis babar blazzz!

Belakangan kuketahui bahwa ayahku dulu malah diperlakukan lebih parah lagi oleh kakekku: melamar ibuku – diiyakan – langsung akitan di TKP!

Sejak masih mondok di Tebuireng, Kiyai Abdul Wahab Hasbullah sudah kesengsem berat kepada Kiyai Bisri Syansuri, yuniornya sekaligus lawan berdebat yang paling gigih dan paling kuat ilmunya. Belakangan Kiyai Wahab menawari Kiyai Bisri naik haji.

“Aku nggak punya uang”, kata Kiyai Bisri.

“Aku yang mbayari!”

Siapa  bakalan nolak? Sudah tentu Kiyai Bisri bersedia dengan suka-cita.

Tak dinyana, ketika tiba waktunya berangkat dan Kiyai Bisri sudah siap di pelabuhan, Kiyai Wahab malah mengundurkan diri.

“Aku nggak jadi pergi”.

“Lho?”

“Ya nggak apa-apa. Sampeyan tetap berangkat saja… Tapi aku titip adikku ini, Khodijah”.

Kiyai Wahab memperkenalkan adik perempuannya.

Kiyai Bisri kaget dan jengah luar biasa!

“Waduh… titip gimana?”

“Khodijah ini mau berangkat haji juga sekarang. Jadi aku titip, supaya sampeyan yang njagain”.

“Lho… lha… gimana sih…?”

“Kok lha-lho lha-lho! Masak nggak mau kutitipi?”

“Wah… ya… tapi…”

“Tapi apa?”

“Ajnabi je…”

“Ya supaya jadi muhrim, sekarang sampeyan nikah dulu”.

Maka terjadilah ijab-kabul di pelabuhan…

37 thoughts on “K.A.W.I.N (Kepada Para Perjaka, Perawan dan Segala Jomblo)”

  1. Rita Audriyanti-Kunrat says:

    hahaaaa…mantap….nikah di tkp…gak perlu rekonstruksi segala….kekekeke

  2. Ro Ha says:

    kerennnzzzzzzzzzzzzzzzzz

  3. Lu Pi says:

    wah..! religius romantis… jadi pengen jg..

  4. Rodis Shulhi says:

    byuh
    “kejam” juga mbah tp sipppp kok

  5. heri haryanto says:

    jodoh ga kemana.hahay

  6. cumifumi says:

    amazing….:D
    seruuu kayaknya :p

  7. Ahmad Maruv Salim says:

    kiro-kiro aku fantastis opo malah mringis yo? :D

  8. yosy ervianto kurniawan says:

    TKP (Tempat Kurang Pantes) = Pelabuhan…

  9. galuh sitaresmi says:

    wahh,,, aq juga mau nikah dadakan asal calon suamiq mampu memimpinq ke jalan yg diridhoi Allah,, amin..

    1. Edi Winarno says:

      insya allah….

  10. dansbassayev says:

    yessss.. ra sida utang bank nggo pekah.. :D

  11. akbar says:

    siip ndak kepengin kang…heee..

  12. شر جاء نا SARJANA says:

    kulo ngge ngelampahi Gus..! ngelamar anakE wong, tapi durung ngerti arekE sak Fotone. sekarang udah 4 tahun Nikah,,,! Masya Alloh, cuocok..cok..cok !

  13. rojhan says:

    weh..barokahé ilmu..rejeki dobel..

  14. ridwan says:

    kisah cinta yang romantis lagi melankolis serta fantastis tidak berlaku di kalangan pondok…
    Sing penting barokoh tur gusti allah ngridoni…amin

  15. arief says:

    wkwkwkw… memang seharusnya begini. mudah… :D

  16. Aghus Wiyoto says:

    Hmmm… Enak, ya? Hehehe.

  17. zeela says:

    ya Alloh,, pertemukanlah hamba dengan salah satu hamba sholeh Mu,, yang mampu membimbingku ke jalan yang Engkau ridhoi,, aamiinn,,

  18. bang yusuf says:

    wah manteps tenan iki

  19. sieda says:

    maunya jg yg ga ribet tapi mantap …. apalagi yang seperti kyai bisyri …. insya alloh ga bakal nolak …..

  20. mita says:

    Bs jd inspirasi nich.. Hehehheeh

  21. muhamad nurhuda (112-12-043) says:

    setuju aq..

  22. edisuwandi says:

    Gak fantastis babar blazzzzz. wkwkwkwk. tp spektakularrrrrrrrrrrrr

  23. Abu Luthfan says:

    iya nih…gitu aja bagi para jomblo…dari pada bengong

  24. Lukman Hakim says:

    Alloohu Akbar

  25. abdullah arsyad says:

    ternyata nikah itu mudah sekali… kok kita mempersulitnya ya?

  26. Fais Ahmad says:

    mantappppp……….

  27. wwit ibnu says:

    ﺁﻣﻴــــــــــــــــﻦ

    jan tambah anteb olehe ngucap syukur
    Alhamdulillah

  28. ahmed says:

    ajib ajib…alhamdulillah..

  29. firman tj says:

    Siiip…saya gak bisa mbayangkan raut wajah mbah Yai Bisri pas ngendikan,”ajnabie je…”…kkkkkkkk

  30. kang Adam's says:

    WAW sudah ‘Alim romantiiiiiis juga EEEuuyyy,,………..

  31. Ahmad Mudatsir says:

    paksaan paling menyenangkan, ibadah paling meni’matkan, dadakan yg menggiyurkan, yaaa kawin kaya romo yai itu,,,, enak gus njenengan putrNE KIYAI, Ketularan enakeee,,,,, hahahahahahahahah kapaan aku dfipekso koyo ikuu

  32. achmad nurfaizin says:

    hahahahaha alloohumma……….

  33. awaludin says:

    Subhanallah…..

  34. dewi syarifah says:

    jan persis seperti perkawinan bapak ibuku dulu……
    hahahaha

  35. KANG JULI says:

    allohummaj’alna minal katutin wa laa taj’alna minal uculin

    1. bocah says:

      muga katut lan ora ucul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *