Sikap Resmi Bu Nyai menyangkut Poligami

Dari Mahrus Muzammil

Seorang ibu nyai yang sedang sakit keras memberikan wasiat kepada suaminya,

“Bah, nanti kalau saya sudah meninggal, Abah boleh kawin lagi… tapi ada syaratnya…”

“Sudahlah, Bu, jangan dipikirkan… aku mencintaimu sepenuh hatiku…”, Pak Kiyai mencoba menghibur.

“Sungguh, Bah… Abah boleh kawin lagi… syaratnya cuma dua…”

Diam-diam tertarik, Pak Kiyai diam.

“Pertama, kalau Abah mau kawin lagi, tolong jangan tergesa-gesa… tolong hargai saya… jangan kawin dulu sebelum kuburanku kering…”

Pak Kiyai manggut-manggut tanpa kata. Tapi hatinya riang. “Ah, paling juga berapa hari…”, pikirnya.

“Yang kedua… Abah benar sayang sama saya ‘kan?” tatapan mata Bu Nyai merajuk, sekaligus memelas.

“Tentu Bu… tentu… Apa pun yang kau minta pasti kuturuti!” Pak Kiyai mengelus lembut dahi isterinya. Tapi hatinya tak sabar ingin mendengar syarat yang kedua.

“Saya ingin kuburanku nanti disirami setiap hari…”

Yahya Cholil Staquf

Soal wayuh (matsna), biarpun nyai tetap saja gawat. Sudah meninggal saja nggak mau diwayuh, apalagi masih hidup. Seandainya Pak Kyai minta ijin wayuh ketika Bu Nyai masih hidup, mungkin Bu Nyai akan jawab,

“Nggak wayuh-wayuhan!”

Kyai: Mbok Jangan gitu to Bu. Wayuh itu kan halal.

Nyai: Nggak halal-halan!

Kyai: Lho. Ini sarengat lho Bu.

Nyai: Nggak sarengat-sarengatan!

Kyai: Gimana sih? Sarengat itu pegangannya orang Islam.

Nyai: Nggak Islam-Islaman!

????

16 thoughts on “Sikap Resmi Bu Nyai menyangkut Poligami”

  1. Zhuainie says:

    Humor cerdas, Hebat!

  2. Sasqia Fatimatuzzahra says:

    wah wah wah
    se7 bgd ma bunyai 1 nie :-)

  3. yosy ervianto kurniawan says:

    …^^ Guyonan yang menkocak Jiwa

  4. Anonim says:

    g seru…!

  5. Ummi habibah says:

    Setuju sama bu nyai…!!

    1. Anonim says:

      lhooo….keluar dari islam masak tetap setuju piye toch/………..

  6. widi says:

    maksudnya kalo untuk sekedar urusan burung mbok pak kyai nggak usah bawa2 nama sarengat dan islam..hehehe..

  7. syeikhollyc says:

    ngono zo ngono, tapi zo ojo ngono,

  8. ahbibhabiibak says:

    ijin share Yai,

  9. Achmad Azmy says:

    Seger banget humornya……..

  10. rojhan says:

    ijin share mbah…

  11. Teguh Eko Widiyanto says:

    Ijin share mbah yang cerita pertama…terima kasih

  12. moh.bisri says:

    Iki..kena aku..kok persis tho…lha lalu jalan keluarnya gmana bosss..

  13. anwar says:

    Gak islam_islaman?…wayuh berrRrrat tenan berrRrrti …..

  14. nilliyin says:

    asli ngakak,,,,,,,

  15. Ahmad_hsh says:

    Hahhaa, guyonan yg menghibur…#cerdas guz

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *