Mbulet

Kyai Bisri Mustofa (Alm.) dan Kyai Mustofa Bisri

Kyai Bisri Mustofa (Alm.) dan Kyai Mustofa Bisri

Ini memang bisa bikin bingung. Kakekku bernama Bisri Mustofa (Bisri bin [Zainal] Mustofa). Anak keduanya, paman saya, diberi nama Mustofa, seperti nama ayahnya –anak pertama, ayah saya, diberi nama Kholil, seperti nama gurunya. Jadi: Mustofa (bin) Bisri. Sampai sekarang, nama kakek saya (Bisri Mustofa) masih cukup sering disebut-sebut orang –sekarang ini namanya diabadikan sebagai nama jalan depan rumah saya; Jl. KH Bisri Mustofa, sementara ada generasi baru yang kurang mengenalnya dan lebih mengenal anaknya: Mustofa Bisri. Akibatnya, terkadang terjadi kerancuan antara dua nama yang saling terbalik itu.

Ketika nenek saya (Nyai Bisri Mustofa) wafat sebulan yang lalu, konon terjadi kekacauan informasi didunia tweeter –saya sendiri tidak ngetwit, meskipun sudah punya akun. Banyak tweetwers mengira bahwa yang meninggal adalah isteri paman saya (Nyai Mustofa Bisri) dan sejumlah teman menelepon saya untuk meminta kejelasan.

Beberapa waktu yang lalu, datang seorang ustadz dari Kuala Lumpur, Malaysia. Dia itu keturunan Jawa, dan sudah beberapa tahun beristiqomah mengajarkan “Al Ibriz”, kitab tafsir karya kakek saya (Kiyai Bisri Mustofa), di berbagai masjid di Kuala Lumpur. Ia datang ke Rembang sengaja mencari paman saya (Kiyai Mustofa Bisri) dengan maksud minta ijazah kitab tersebut demi menyempurnakan barokah.

“Oh, silahkan”, kata paman saya, “sejak ditulis, kitab itu memang sudah diniyati ijazah ilmu”.

Ustadz itu tampak lega.

“Ngomong-ngomong, kapan kitab ini selesai ditulis?” ia bertanya.

“Yaa… sekitar awal 60-an”.

Si Ustadz terperangah. Kaget bukan kepalang. Ia pandangi paman saya lekat-lekat, seolah meneliti makhluk asing.

“Memangnya panjenengan sekarang usia berapa?”

“Enam puluh atau enam puluh satu”

“Waduh!”, Si Ustadz garuk-garuk kepala, “jadi waktu nulis Al Ibriz itu panjenengan baru usia berapa?”

Paman saya tertawa terbahak-bahak. Lalu menjelaskan kekeliruan Si Ustadz yang telah menganggap Mustofa Bisri sebagai Bisri Mustofa.

Perlu diketahui, ini bukan potensi kekacauan yang paling buruk. Ketika dikaruniai anak lelaki (semata wayang, bungsu setelah enam orang anak perempuan berturut-turut), paman saya menamainya Bisri pula. Jadi: Bisri (bin) Mustofa bin Mustofa (bin) Bisri bin Bisri (bin) Mustofa. Bingung?

Sewaktu diajak ayahnya berziarah ke Palestina, adik sepupu saya itu tertahan berjam-jam di pos imigrasi Israel sampai harus minta bantuan kesana-kemari untuk “membebaskannya”. Belakangan baru disadari bahwa pihak Israel pusing membaca data identitas di paspornya:

Nama : Bisri Mustofa bin Mustofa Bisri

Alamat: Jl. KH Bisri Mustofa

Saya bayangkan, petugas imigaris Israel berpikir seperti Bu Satomi Nurchasanah setiap kali beliau membaca dongengan saya: “Ini beneran atau guyon?”

Belakangan saya dapati keruwetan yang bahkan lebih parah lagi. Yaitu bahwa ada saja orang yang mengira saya ini adiknya Gus Mus. Maka, waktu nenek saya wafat, ada sejumlah SMS masuk ke HP saya yang isinya: “Turut berbela sungkawa atas meninggalnya ibunda Gus Mus dan Gus Yahya”. Padahal yang meninggal itu nenek saya saja, sedangkan ibu saya masih segar-bugar. Nasib….

36 thoughts on “Mbulet”

  1. abdul ghaffar says:

    Hehehehe…. saya baca nya juga mbulet.
    Ngakak ngakak deh

  2. zukhruflatif says:

    betul… ini mbulet bin mbulet. he..he..

  3. lek amat says:

    sampai kapan ya nama yg mbolak mbalik ini akanbertahan? mungkin selama masih punya anak laki2 akan terus begitu,…bisri bin mustofa bin bisri bin mustofa bin bisri bin mustofa,…..ajib.

  4. sabiq says:

    bin.. ngung.. hehe..

  5. tirtakamandanu says:

    Bikin pohon silsilah, dan segera diupload mawon Gus, hehehehe.
    Disamping menjaga bani, juga bisa memperjelas bila ada keruwetan seperti dalam cerita.

  6. kun akaabir says:

    kenang-kenangan waktu Gus Mus rawuh dateng Leiden, Belanda
    foto-foto pengajian Gus Mus di Universiteit Leiden

  7. jamalanwar66 says:

    setelah mbaca bolak-balik, biar gak katut mbulet, terpaxa aku bikin pohon silsilah. Yho tetep mbulet

  8. kaqfa says:

    Wah emang repot, kalo masih berlanjut sampe cicit lagi bisa tambah seru

  9. Lintang Kemukus says:

    kalau sampai tujuh turunan bisa kayak benang ruwet tercebur di kubangan di eker-eker pitek. tapi kayaknya pohon sislsilah yang mbulet sudah terbiasa di kalangan masyayih, apa betul ?

  10. Anonim says:

    hehehehe….

  11. syaiful says:

    THE REAL MBULET

  12. Nur Chamid says:

    heheheh…
    disangka kakak adik sama gus mus???
    berarti gus mus masih terlihat muda yi…
    hehehe…

    1. staquf says:

      Atau saya kelihatan tua?

  13. Ipung Udin says:

    klo ga tak baleli, jg ikut mbulet

  14. Ipung Udin says:

    klo ga tak baleni, jg ikut mbulet

  15. Iqbal Fatoni says:

    haha mbulet koyok ent*t,ngakak…..

  16. A. Khaliq aries says:

    blessing in disguise..
    dari mbulet saya malah jadi tau.. :)

  17. gito says:

    dulu ada yang tanya alamat pondoknya pak mus,waktu itu saya di alun2 rembang,..saya tunjukan :nanti kalo ada jalan K.H mustofa bisri ,belok ke timur mas..”saya seyum sendiri ketika sadar ,…

  18. Imam M Riduan says:

    saya rasa kembuletan ini memang sengaja diciptakan sebagai upaya branding he he he

  19. Jama'ah fesbukiyah says:

    Yang nulis aja bilang Mbulet… Apalagi yg baca…? ditambah yg bca orangnya mbulet…
    Jadi; mbulet..baca mbulet…sampe mbulet…yg baca ya mbulet pisan…
    Walah emboh…
    Bacaan oke..

  20. ackieudin says:

    mendingan mbulet..tapi jelas silsilahnya, daripada keliatan jelas tapi mbulet…

  21. Zainal Abidin Mustofa says:

    Bisri Mustofa bin Mustofa Bisri bin Bisri Mustofa bin Zainal Mustofa, eh… nama saya Zainal Abidin Mustofa

  22. nur hidayat says:

    ????…!!!????…..asli mbulet

  23. ali habiibak says:

    tapi saya senang baca tulisan2nya gus Yahya,karena bnyak yang mengisahkan kehidupan kyai2 beserta silsilahnya..lanjutke trus gus,ku entosi tulisan2 sanese.

  24. mawardi says:

    gus, kok ngelu aku mbacanya.

  25. kaosborju says:

    bukan mbulet, tapi sang pemberi nama ingin mengajarkan “samarasa-samarata”

  26. hanif tuban says:

    daftarin ke MURI az gus…..hehehe

  27. Gharib says:

    Subhanallah . . . .
    Mbulete puoool .

  28. slamet says:

    bingun Gus…. al ibriz kirain dikarang oleh Gus Mus… jebule romo-ne tah penulise…

  29. joen aselirembang says:

    kyai sekaligus seniman

  30. Abe Demak says:

    Subahanalloh…
    sembari baca artikel n nyambi ngetik gak bs nangkap alias jg ikut bulet2, musti di baca 2-3 kali lagi agr mafhum,hehehe

  31. Amirul Hakim says:

    Gus Yahya@ inyong nganti kukur2 sirah moconé.
    Josh gandhos wes pokok’e.
    :-D

  32. abdullah arsyad says:

    sampe selese mbaca, aku masih bingung.. dan ga kepengen ngerti, pokoke itulah.. podowae..

  33. rudin syah.. says:

    bacanya bikin batuk berkerut……

  34. nge-fans sama gus mus says:

    utk memahami tulisan tsb, sy smpe berulang2 kali membacanya…
    dan kesimpulannya;
    Bisri [bin] Mustofa bin Mustofa [bin] Bisri bin Bisri [bin] Mustofa =
    Bisri Mustofa (3) bin Mustofa Bisri (2) bin Bisri Mustofa (1)
    – nomr (1) adlh Sang pengarang Al Ibriz.
    – nomr (2) adlh Gus Mus Sang Kyai yg budayawan.
    – nomr (3) adlh anak Gus Mus yg [smpat] ditahan Israel…
    mohon maaf klo salah…

  35. MIA says:

    Mbulet koyok sosor tapi mbarokahi..al-hamduu lillah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *